📖 Pelajaran Bahasa Arab Dasar: Al-Dars Ats-Tsālits (الدرس الثالث)
📌 Deskripsi
Artikel ini membahas Pelajaran Bahasa Arab Dasar (الدرس الثالث) dari kitab Lessons in Arabic Language karya Dr. V. Abdur-Raheem. Materi ini memperkenalkan kosakata dasar seperti rumah, buku, pena, pintu, serta contoh kalimat sederhana. Artikel ini dilengkapi dengan harakat, terjemahan, dan tabel kosa kata agar lebih mudah dipahami pemula Dilengkapi Dengan Kaidahnya.
📚 Kosakata Baru
No | Bahasa Arab | Harakat | Arti (Indonesia) |
---|---|---|---|
1 | بيت | بَيْتٌ | Rumah |
2 | كتاب | كِتَابٌ | Buku |
3 | قلم | قَلَمٌ | Pena / Pulpen |
4 | باب | بَابٌ | Pintu |
5 | مدرّس | مُدَرِّسٌ | Guru |
6 | ولد | وَلَدٌ | Anak laki-laki |
📖 Contoh Kalimat
1. Pena
اَلْقَلَمُ مَكْسُورٌ
Al-qalamu maksūrun
➡ Pena itu patah.
2. Pintu
اَلْبَابُ مَفْتُوحٌ
Al-bābu maftūḥun
➡ Pintu itu terbuka.
3. Murid & Guru
اَلْوَلَدُ جَالِسٌ وَالْمُدَرِّسُ وَاقِفٌ
Al-waladu jālisun wal-mudarrisu wāqifun
➡ Anak laki-laki itu duduk, dan guru itu berdiri.
📊 Latihan Kalimat
Beberapa contoh latihan dari pelajaran ini:
- اَلْكِتَابُ جَدِيدٌ وَالْقَلَمُ قَدِيمٌ
Al-kitābu jadīdun wal-qalamu qadīmun
➡ Buku itu baru dan pena itu lama. - الْحِمَارُ صَغِيرٌ وَالْحِصَانُ كَبِيرٌ
Al-ḥimāru ṣaghīrun wal-ḥiṣānu kabīrun
➡ Keledai itu kecil dan kuda itu besar. - اَلْكُرْسِيُّ مَكْسُورٌ
Al-kursiyyu maksūrun
➡ Kursi itu patah. - الْمِنْدِيلُ وَسِخٌ
Al-mindīlu wasikhun
➡ Sapu tangan itu kotor. - الْقَمَرُ جَمِيلٌ
Al-qamaru jamīlun
➡ Bulan itu indah.
Mari kita uraikan kaidah dan perubahannya dari contoh kalimat tersebut.
📖 Kaidah dari Lima Kalimat
-
اَلْكِتَابُ جَدِيدٌ وَالْقَلَمُ قَدِيمٌ
➡ Ini adalah jumlah ismiyyah (kalimat nominal) yang tersusun dari mubtada’ (subjek) dan khabar (predikat). Di dalamnya terdapat huruf ‘athaf (و) yang menghubungkan dua jumlah ismiyyah.
-
اَلْحِمَارُ صَغِيرٌ وَالْحِصَانُ كَبِيرٌ
➡ Kalimat ini juga jumlah ismiyyah, dengan mubtada’ dalam keadaan marfū‘ (berharakat ḍammah) dan khabar dalam keadaan marfū‘. Lalu disambung dengan jumlah kedua yang di-‘athaf-kan (dihubungkan) dengan huruf و.
-
اَلْكُرْسِيُّ مَكْسُورٌ
➡ Sebuah jumlah ismiyyah, mubtada’-nya berupa kata ma‘rifah dengan “al-”, khabarnya berupa sifat tunggal (makṣūr = patah). Keduanya dalam keadaan marfū‘.
-
اَلْمِنْدِيلُ وَسِخٌ
➡ Jumlah ismiyyah dengan mubtada’ “al-mindīlu” (sapu tangan itu) dalam bentuk ma‘rifah, sedangkan khabarnya “wasikhun” (kotor) berupa nakirah. Hal ini diperbolehkan dalam bahasa Arab (mubtada’ ma‘rifah dan khabar nakirah).
-
اَلْقَمَرُ جَمِيلٌ
➡ Sebuah jumlah ismiyyah yang tersusun dari mubtada’ ma‘rifah dan khabar tunggal. Keduanya dalam keadaan marfū‘.
اَلْكِتَابُ جَدِيدٌ وَالْقَلَمُ قَدِيمٌ
➡ Ini adalah jumlah ismiyyah (kalimat nominal) yang tersusun dari mubtada’ (subjek) dan khabar (predikat). Di dalamnya terdapat huruf ‘athaf (و) yang menghubungkan dua jumlah ismiyyah.
اَلْحِمَارُ صَغِيرٌ وَالْحِصَانُ كَبِيرٌ
➡ Kalimat ini juga jumlah ismiyyah, dengan mubtada’ dalam keadaan marfū‘ (berharakat ḍammah) dan khabar dalam keadaan marfū‘. Lalu disambung dengan jumlah kedua yang di-‘athaf-kan (dihubungkan) dengan huruf و.
اَلْكُرْسِيُّ مَكْسُورٌ
➡ Sebuah jumlah ismiyyah, mubtada’-nya berupa kata ma‘rifah dengan “al-”, khabarnya berupa sifat tunggal (makṣūr = patah). Keduanya dalam keadaan marfū‘.
اَلْمِنْدِيلُ وَسِخٌ
➡ Jumlah ismiyyah dengan mubtada’ “al-mindīlu” (sapu tangan itu) dalam bentuk ma‘rifah, sedangkan khabarnya “wasikhun” (kotor) berupa nakirah. Hal ini diperbolehkan dalam bahasa Arab (mubtada’ ma‘rifah dan khabar nakirah).
اَلْقَمَرُ جَمِيلٌ
➡ Sebuah jumlah ismiyyah yang tersusun dari mubtada’ ma‘rifah dan khabar tunggal. Keduanya dalam keadaan marfū‘.
🔑 Ringkasan Kaidah
- Semua contoh di atas adalah jumlah ismiyyah (kalimat nominal).
- Polanya: mubtada’ marfū‘ + khabar marfū‘.
- Boleh mubtada’ berupa ma‘rifah (kata tertentu) dan khabar berupa nakirah (kata umum).
- Beberapa contoh menggunakan ‘athaf (و) untuk menghubungkan dua jumlah ismiyyah.
📝 Latihan Bahasa Arab (تمارين)
1️⃣ Baca dan Tulis (إقرأ وأكتب)
Latihan membaca dan menulis dengan harakat pada akhir kata:
- مَسْجِدٌ = Masjid
- الْمَسْجِدُ = Masjid itu
- الْمَاءُ = Air
- بَابٌ = Pintu
- قَلَمٌ = Pena
- الْقَلَمُ = Pena itu
- الْكَلْبُ = Anjing itu
- كَلْبٌ = Seekor anjing
- قَمِيصٌ = Baju/Kemeja
- وَلَدٌ = Anak laki-laki
- الْحَجَرُ = Batu itu
- جَارٌ = Tetangga
- الْحِصَانُ = Kuda itu
2️⃣ Baca dan Tulis Kalimat (إقرأ وأكتب)
Beberapa kalimat latihan dari materi:
- اَلْكِتَابُ مَكْسُورٌ
Al-kitābu maksūrun ➡ Buku itu rusak/patah. - اَلْمُدَرِّسُ جَدِيدٌ
Al-mudarrisu jadīdun ➡ Guru itu baru. - اَلْقَمِيصُ وَسِخٌ
Al-qamīṣu wasikhun ➡ Baju itu kotor. - اَللَّبَنُ بَارِدٌ
Al-labanu bāridun ➡ Susu itu dingin. - الْمَسْجِدُ مَفْتُوحٌ
Al-masjidu maftūḥun ➡ Masjid itu terbuka. - الْحَجَرُ كَبِيرٌ
Al-ḥajaru kabīrun ➡ Batu itu besar. - اَللَّبَنُ بَارِدٌ وَالْمَاءُ حَارٌّ
Al-labanu bāridun wal-mā’u ḥārrun ➡ Susu itu dingin dan air itu panas. - اَلْإِمَامُ جَالِسٌ وَالْمُدَرِّسُ وَاقِفٌ
Al-imāmu jālisun wal-mudarrisu wāqifun ➡ Imam itu duduk dan guru itu berdiri. - الْقَمَرُ بَعِيدٌ
Al-qamaru ba‘īdun ➡ Bulan itu jauh. - الْمِنْدِيلُ نَظِيفٌ
Al-mindīlu naẓīfun ➡ Sapu tangan itu bersih.
Mari kita bedah kaidah dari kumpulan kalimat tersebut satu per satu. Semua contoh ini masuk dalam pembahasan jumlah ismiyyah (اَلْجُمْلَةُ ٱلْاِسْمِيَّةُ), yaitu kalimat nominal dalam bahasa Arab.
📖 Kaidah Umum
-
Jumlah Ismiyyah = Mubtada’ + Khabar
- Mubtada’ (المبتدأ) = isim yang dibicarakan, biasanya ma‘rifah (ada “ال”).
- Khabar (الخبر) = informasi tentang mubtada’, biasanya berupa sifat, keadaan, atau keterangan.
- Keduanya marfū‘ (akhiran ḍammah/tanwīn ḍamm).
-
Keserasian Mubtada’ & Khabar (المطابقة)
- Jika mubtada’ mudzakkar → khabar juga mudzakkar.
- Jika mubtada’ muannats → khabar juga muannats.
- Jika mubtada’ jamak ghair ‘āqil (benda mati) → khabar biasanya mufrad muannats.
-
Wāw al-‘Athaf (و)
- Digunakan untuk menghubungkan dua jumlah ismiyyah atau dua unsur mubtada’-khabar.
📝 Analisis Tiap Kalimat
-
اَلْكِتَابُ مَكْسُورٌ
- Mubtada’: اَلْكِتَابُ (buku) → ma‘rifah, marfū‘.
- Khabar: مَكْسُورٌ (rusak/patah) → sifat, marfū‘.
➡ Kaidah: jumlah ismiyyah mufrad mudzakkar.
-
اَلْمُدَرِّسُ جَدِيدٌ
- Mubtada’: اَلْمُدَرِّسُ (guru).
- Khabar: جَدِيدٌ (baru).
➡ Kaidah: mubtada’ mudzakkar berakal → khabar sesuai mudzakkar.
-
اَلْقَمِيصُ وَسِخٌ
- Mubtada’: اَلْقَمِيصُ (baju).
- Khabar: وَسِخٌ (kotor).
➡ Kaidah: mubtada’ benda (ghair ‘āqil) tapi tetap cocok dengan khabar mufrad mudzakkar.
-
اَللَّبَنُ بَارِدٌ
- Mubtada’: اَللَّبَنُ (susu).
- Khabar: بَارِدٌ (dingin).
➡ Kaidah: mubtada’ nakirah yang dijadikan ma‘rifah dengan ال.
-
اَلْمَسْجِدُ مَفْتُوحٌ
- Mubtada’: اَلْمَسْجِدُ (masjid).
- Khabar: مَفْتُوحٌ (terbuka).
➡ Kaidah: sifat benda → khabar ikut marfū‘.
-
اَلْحَجَرُ كَبِيرٌ
- Mubtada’: اَلْحَجَرُ (batu).
- Khabar: كَبِيرٌ (besar).
➡ Kaidah: benda ghair ‘āqil tetap dipadukan dengan khabar mufrad mudzakkar.
-
اَللَّبَنُ بَارِدٌ وَالْمَاءُ حَارٌّ
- Dua jumlah ismiyyah digabung dengan وَ.
- Mubtada’ 1: اَللَّبَنُ → Khabar 1: بَارِدٌ.
- Mubtada’ 2: اَلْمَاءُ → Khabar 2: حَارٌّ.
➡ Kaidah: jumlah ma‘ṭūfah (dua kalimat digabung dengan wawu).
-
اَلْإِمَامُ جَالِسٌ وَالْمُدَرِّسُ وَاقِفٌ
- Mubtada’ 1: اَلْإِمَامُ → Khabar 1: جَالِسٌ.
- Mubtada’ 2: اَلْمُدَرِّسُ → Khabar 2: وَاقِفٌ.
➡ Kaidah: penggabungan dua kalimat dengan wawu ‘athaf.
-
اَلْقَمَرُ بَعِيدٌ
- Mubtada’: اَلْقَمَرُ (bulan).
- Khabar: بَعِيدٌ (jauh).
➡ Kaidah: jumlah ismiyyah mufrad mudzakkar.
-
اَلْمِنْدِيلُ نَظِيفٌ
- Mubtada’: اَلْمِنْدِيلُ (sapu tangan).
- Khabar: نَظِيفٌ (bersih).
➡ Kaidah: jumlah ismiyyah dengan mubtada’ benda mati (ghair ‘āqil).
🔑 Ringkasan Kaidah dari Semua Kalimat
- Semua contoh = jumlah ismiyyah (mubtada’ + khabar).
- Mubtada’ selalu marfū‘ dan mayoritas berbentuk ma‘rifah (ada ال).
- Khabar menyesuaikan dengan mubtada’ (muzakkar ↔ muannats).
- Jika mubtada’ jamak ghair ‘āqil → khabar dalam bentuk mufrad muannats.
- Wawu ‘athaf (و) dipakai untuk menggabungkan dua kalimat.
3️⃣ Isilah Titik-titik (إمْلَأِ الْفَرَاغَ)
Lengkapilah dengan kata yang tepat dari daftar berikut: (جَمِيل – وَسِخ – مَفْتُوح – حَارّ – ثَقِيل – خَفِيف)
- اَلْقَمَرُ .......... = Bulan itu indah ➡ جَمِيلٌ
- اَلْبَابُ .......... = Pintu itu terbuka ➡ مَفْتُوحٌ
- الْحَجَرُ .......... = Batu itu berat ➡ ثَقِيلٌ
- الْوَرَقُ .......... = Kertas itu ringan ➡ خَفِيفٌ
- الْمِنْدِيلُ .......... = Sapu tangan itu kotor ➡ وَسِخٌ
- اَللَّبَنُ .......... = Susu itu panas ➡ حَارٌّ
Latihan Bahasa Arab: Melengkapi dengan Kata yang Tepat
Pada bagian ini, latihan dilakukan dengan cara mengisi titik-titik dengan kata sifat atau kata benda yang sesuai. Latihan ini sangat bermanfaat untuk memperkuat pemahaman kosakata bahasa Arab, terutama dalam penggunaan sifat (na’at) yang mengikuti manshub atau marfu’ dari isim.
No | Kalimat Arab | Kata yang Tepat | Arti |
---|---|---|---|
1 | الكتاب .... | مكسور | Buku rusak |
2 | المنديل .... | نظيف | Sapu tangan bersih |
3 | اللبن .... | بارد | Susu dingin |
4 | الرجل .... | قريب | Laki-laki dekat |
5 | القمر .... | بعيد | Bulan jauh |
6 | المدرس .... | واقف | Guru berdiri |
7 | الإمام .... | جالس | Imam duduk |
8 | الحجر .... | كبير | Batu besar |
9 | الباب .... | قديم | Pintu lama |
10 | الدرس .... | جديد | Pelajaran baru |
TABEL KOSAKATA BAHASA ARAB
No | Bahasa Arab | Latin | Arti |
---|---|---|---|
1 | ٱلْقَمَرُ | al-qamaru | Bulan |
2 | نَظِيفٌ | naẓīfun | Bersih |
3 | كَبِيرٌ | kabīrun | Besar |
4 | خَفِيفٌ | khafīfun | Ringan |
5 | جَدِيدٌ | jadīdun | Baru |
6 | قَدِيمٌ | qadīmun | Lama |
7 | بَارِدٌ | bāridun | Dingin |
8 | مَكْسُورٌ | maksūrun | Rusak |
9 | مَفْتُوحٌ | maftūḥun | Terbuka |
10 | حَارٌّ | ḥārrun | Panas |
TABEL KALIMAT (جُمْلَةٌ إِسْمِيَّةٌ)
No | Kalimat Arab | Latin | Arti |
---|---|---|---|
1 | ٱلْكِتَابُ جَدِيدٌ | al-kitābu jadīdun | Buku itu baru |
2 | ٱلْقَلَمُ مَكْسُورٌ | al-qalamu maksūrun | Pena itu rusak |
3 | ٱلْمَاءُ بَارِدٌ | al-mā’u bāridun | Air itu dingin |
4 | ٱلْبَابُ مَفْتُوحٌ | al-bābu maftūḥun | Pintu itu terbuka |
5 | ٱلْحَجَرُ كَبِيرٌ | al-ḥajaru kabīrun | Batu itu besar |
6 | ٱلْقَمِيصُ نَظِيفٌ | al-qamīṣu naẓīfun | Baju itu bersih |
7 | ٱللَّبَنُ حَارٌّ | al-labanu ḥārrun | Susu itu panas |
8 | ٱلْوَلَدُ جَالِسٌ | al-waladu jālisun | Anak laki-laki itu duduk |
9 | ٱلْمُدَرِّسُ وَاقِفٌ | al-mudarrisu wāqifun | Guru itu berdiri |
10 | ٱلْقَمَرُ بَعِيدٌ | al-qamaru ba‘īdun | Bulan itu jauh |
🎯 Kesimpulan
Pelajaran ini mengajarkan dasar-dasar jumlah ismiyyah (kalimat nominal) dalam Bahasa Arab, yaitu kalimat yang terdiri dari mubtada’ (subjek) dan khabar (predikat). Dengan memahami kosakata dan kalimat sederhana ini, kita bisa melangkah ke tingkat berikutnya dalam mempelajari Bahasa Arab.
💬 Comments Facebook