Biaya Perbaikan Motor Rembes Oli Mesin

Biaya Perbaikan Motor Rembes Oli Mesin

Biaya perbaikan motor yang mengalami rembesan bisa bervariasi tergantung pada sejumlah faktor, seperti jenis motor, tingkat kerusakan, dan lokasi tempat Anda melakukan perbaikan. Rembesan bisa terjadi pada berbagai bagian motor, seperti mesin, transmisi, atau sistem pendingin.

Untuk mendapatkan perkiraan biaya yang lebih akurat, Anda perlu menghubungi bengkel motor atau mekanik terpercaya di daerah Anda. Mereka dapat melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan memberikan estimasi biaya perbaikan berdasarkan kondisi motor Anda. Pastikan untuk menjelaskan gejala dan masalah yang Anda alami agar mereka dapat memberikan perkiraan Biaya perbaikan motor rembes oli.

Penyebab Rembesan Oli pada Motor

Ketika motor mengalami rembesan oli, komponen yang harus diganti atau diperbaiki dapat bervariasi tergantung pada penyebab rembesan dan sejauh mana kerusakan yang terjadi. Beberapa komponen yang mungkin perlu diperiksa atau diganti meliputi:

1. Seal atau karet peredam (gasket):

Salah satu penyebab umum rembesan oli adalah kebocoran pada seal atau gasket di berbagai bagian motor seperti blok mesin, kepala silinder, atau tutup klep. Seal yang rusak perlu diganti.

2. O-ring:

O-ring adalah ring karet yang digunakan dalam berbagai komponen motor untuk mencegah kebocoran. Jika ada kerusakan pada O-ring, maka O-ring tersebut harus diganti.

3. Baut dan mur:

Terkadang, baut dan mur yang kendur atau rusak dapat menjadi penyebab rembesan. Pemeriksaan dan pengencangan ulang baut dan mur yang tepat bisa diperlukan.

4. Komponen internal:

Jika rembesan oli disebabkan oleh kerusakan pada komponen internal seperti piston ring, silinder, atau poros engkol, maka perbaikan atau penggantian komponen ini mungkin diperlukan.

5. Periksa level oli:

Terkadang, rembesan oli bisa terjadi karena level oli yang terlalu tinggi. Memeriksa dan mengatur level oli sesuai dengan rekomendasi pabrikan sangat penting.

Penting untuk diingat bahwa hanya mekanik berpengalaman yang dapat menentukan penyebab rembesan oli dan komponen apa yang harus diganti. Segera periksakan motor Anda ke bengkel motor terdekat jika Anda mengalami masalah rembesan oli untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada mesin Anda.

Dengan adanya beberapa ulasan diatas dapat kita simpulkan rembes mana yang akan diperbaiki nantinya, Untuk besar biaya perbaikan rembes oli biaya bayar upah mekanik untuk satu motor kisaran Rp. 500.000 sampai Rp. 1.500.000 tergantung tingkat kesulitan mekanik memperbaiki rembes pada motor anda.

Dan Jangan lupa untuk motor kesayangan anda gunakan oli yang terbaik untuk anda gunakan, ada 5 yang saya rekomendasikan :

5 Rekomendasi Oli Mesin Motor

 1. Federal Oil - (30 ecomaxx) 

Federal Oil - Federal Matic 30 Ecomaxx adalah salah satu oli motor matic terbaik yang direkomendasikan. Oli ini memiliki kandungan Active Moly dan Viscoelastic Molecules yang membantu mengurangi gesekan berlebihan pada komponen mesin, sehingga mencegah keausan yang berlebihan. Selain itu, oli ini juga memiliki kandungan sintetis yang membantu menjaga suhu mesin tetap dingin, bahkan saat digunakan dalam perjalanan jarak jauh. Oli Federal Matic 30 Ecomaxx direkomendasikan untuk menjaga mesin motor matic tetap awet dan tahan lama.

Untuk Harga bisa kita cek di Olshop Tokopedia :

 2. AHM - Oil MPX 2

AHM - Oil MPX 2 adalah oli motor matic yang direkomendasikan oleh Astra Honda Motor (AHM). Oli ini dirancang khusus untuk mesin motor matic dan memiliki formula yang dapat memberikan perlindungan optimal terhadap komponen mesin. AHM - Oil MPX 2 juga membantu menjaga performa mesin motor matic tetap baik dan melindungi mesin dari keausan yang berlebihan. Oli ini cocok digunakan untuk motor matic dari merek Honda.

Harga Oli AHM MPX 2 Cek Di Tokopedia 

 3. Yamalube - Super Matic

Yamalube - Super Matic adalah oli motor matic yang direkomendasikan oleh Yamaha. Oli ini memiliki formula khusus yang membantu menjaga performa optimal mesin motor matic. Yamalube - Super Matic memiliki daya tahan yang baik terhadap suhu tinggi dan mampu melumasi komponen mesin dengan baik. Oli ini juga membantu melindungi mesin dari keausan yang berlebihan dan menjaga kinerja mesin motor matic tetap baik.

Untuk Harga Yamalub Super Matic Cek Di Tokopedia :

 4. TOP1 - Action Matic SAE 10W-40

TOP1 - Action Matic SAE 10W-40 adalah oli motor matic yang direkomendasikan. Oli ini memiliki viskositas 10W-40 yang cocok untuk mesin motor matic. Formula oli ini membantu melindungi dan melumasi komponen mesin dengan baik, sehingga menjaga performa mesin tetap baik dan mencegah keausan yang berlebihan. Oli TOP1 - Action Matic SAE 10W-40 juga memiliki daya tahan yang baik terhadap suhu tinggi.

Harga TOP1 - Action Matic SAE 10W-40 Cek Di Tokopedia

5. Shell - Advance AX7 10W-40

Shell - Advance AX7 10W-40 adalah oli motor matic yang direkomendasikan. Oli ini memiliki viskositas 10W-40 yang cocok untuk mesin motor matic. Shell - Advance AX7 10W-40 memiliki formula yang membantu melindungi dan melumasi komponen mesin, sehingga menjaga performa mesin tetap baik dan mencegah keausan yang berlebihan. Oli  shell ini memiliki daya tahan yang ckup baik terhadap suhu tinggi.

Untuk Harga Shell - Advance AX7 10W-40 Cek Di Tokopedia :

**Catatan:** 

Ini hanyalah beberapa contoh oli mesin yang direkomendasikan untuk sepeda motor. Penting untuk mengacu pada rekomendasi pabrikan sepeda motor Anda dan mengikuti spesifikasi yang disebutkan dalam buku manual sepeda motor. Selain itu, faktor-faktor seperti iklim dan kondisi berkendara juga dapat mempengaruhi pemilihan oli mesin.

Kesimpulan :

Dapat Kita Simpulkan Dan kita hitung sendiri seberapa besar Biaya untuk perbaikan oli Rembes pada motor, Memang hal sepele ini jangan sampai di lalaikan, Ketika Oli. mesin pada motor yang mulai mengeluarkan tetesan oli atau rembesan oli, Segera perbaiki sebelum terlambat, Semoga artikel ini bisa bermanfaat. 



Baca Artikel Lainnya

⫷⫷⫷Bagikan Yuk..! Ketemanmu⫸⫸⫸

Comments

Disqus Comments

Popular Posts