Ciri Penipuan Jual Beli Mobil Murah Dimarketplace Facebook

Ciri Penipuan Jual Beli Mobil Murah Dimarketplace Facebook

Tidak sedikit user atau konsumen yang tergiur dengan mobil murah yang ditawarkan di marketplace facebook atau di group jual beli mobil atau biasanya penipu komentar di postingan yang sedang mencari mobil, dan menawarkan mobil yang katanya milik dia pribadi dengan harga yang jauh dari pasaran selisih sekitar 30jt sampai dengan 50jt, Dengan alasan sedang memerlukan dana cepat.

Biasanya calon penipu mendapatkan data mobil lengkap dengan poto - poto suratnya BPKB Dan STNK dari seorang penjual aslinya lalu penipu tersebut melakukan posting ulang dan menawarkan dengan harga yang lebih murah dari sang pemilik mobil.

Cara Kenali Ciri² Utama Calon Penipu

  • Ciri pertama : Biasanya Calon penipu tidak berada diTKP atau tidak sedang berada di rumah, sedangkan mobil dan surat² dititipkan kepada Istri , Mantan Istri, Anak buah atau kerabat nya.

  • Ciri kedua : Pelaku penipuan mobil biasanya beralasan ada masalah dengan sang keluarga si pelaku memohon untuk merahasiakan harga deal kepada pihak yang memegang mobil tersebut. intinya setelah cek mobil dan cocok lngsung telepon dia ( Pelaku penipuan mobil )Lalu bayar tranfer ke rekening dia dan surat ² lngsung di minta saja setelah tranfer.

  • Ciri Ketiga : Sang pelaku penipuan tersebut melarang untuk banyak berbicara kepada penunggu mobil dirumahnya , dikarenakan takut terbongkar Skenario pelaku penipu tersebut.

  • Ciri Ke empat : Pelaku penipuan mobil meletakan harga dibawah pasaran mobil apabila kita tawar berapun akan di dealkannya walapun 50% persen dari harga mobil tersebut. Dengan syarat tranfer ke rekening dia

Ke empat ciri diatas saya rasa sudah cukup untuk mengenali calon penipu apabila ciri² diatas sudah kamu rasakan ketika melakukan percakapan kepada calon penjual mobil yang berada di marketplace melalui pesan messenger ataupun langsung WhatsApp ke nomernya segera batalkan keinginan anda..karena sedikit lagi anda akan terhipno oleh pelaku penipuan tersebut.

Apabila anda masih belum yakin bahwa sang pelaku modus penipuan tersebut adalah sebenar benarnya Lakukan Tanya Jawab dibawah ini supaya lebih yakin lagi Bahwa penjual tersebut adalah modus.

Meminta Nomer Orang yang sedang berada di mobil

Apabila orang tersebut tidak mau memberikan nomernya atau tidak mau menghubungkan kita kepada orang yang memegang mobil, Maka orang tersebut sudah dipastikan Modus penipuan yang sedang banyak beredar.

Untuk menyakinkan orang tersebut adalah modus coba lacak nomer telpon orang tersebut di aplikasi Getcontact bisa kamu download di playstore https://play.google.com/store/apps/details?id=app.source.getcontact Atau di Appstore untuk pengguna iphone disana bisa kelihatan nama apa saja yang sudah orang lain save..apabila nomer tersebut tidak terdaftar atau hasilnya kosong, Coba copas nomer tersebut pastekan di pencarian facebook, Pastikan apakah ada nomer yang sama posting mobil² murah. Jika ada banyak beberapa dengan mobil yang dia posting dengan beda² unit atau beda² lokasi tempat sudah dipastikan orang tersebut sedang memasang umpan kepada orang awam yang cepat percaya akan modus yang dia lakukan.

Pengalaman diatas sudah dirasakan oleh teman saya yang ternyata sudah DP sebuah mobil Dumptrukck dengan harga menggiurkan yang sangat murah, Tapi sayang dia lapor kesaya dan menyuruh melacak nomer tersebut sudah melakukan Transaksi DP uang Muka supaya mobil tidak dijual ke orang lain alias siapa cepat, Tapi sayang beribu sayang itu hanya penipuan...

Kesimpulan

Saran terakhir penulis adalah tetap teliti dan hati² jika ingin melakukan transaksi dengan orang yang baru kita kenal, Apalagi belum melakukan COD. jangan malu bertanya kepada teman dan sharing terlebih dahulu,

Artikel Populer (Terbaru..)